Agen Resmi Obat Herbal Kota Tasikmalaya. Melayani Pengiriman Ke Seluruh Wilayah Indonesia.

Senin, 07 September 2015

Waspadai Penyakit Saat Musim Kemarau

Sudah hampir 6 bulan Negara Indonesia dilanda musim kemarau, air bersih yang sulit didapatkan dan juga masalah beberapa penyakit yang mudah menyerang tubuh saat musim kemarau itu menjadi masalah yang patut untuk diperhatikan. Tidak heran saat musim kemarau banyak orang yang mengeluh sakit dan kekebalan tubuh mereka turun drastis. Nah, untuk mengatasi hal itu saya akan berbagi informasi kepada anda tentang penyakit saat musim kemarau dan pengobatan nya.


Saat musim kemarau yang panas seperti sekarang ini, daya tahan tubuh cenderung menurun. Selain itu, udara kering, sumber air bersih berkurang, banyak lalat dan debu membuat orang mudah terserang beberapa penyakit. Setidaknya ada 5 penyakit yang perlu diwaspadai saat musim kemarau.

Tak hanya pancaroba, musim kemarau yang panjang juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Ditambah lagi dengan berkurangnya sumber air bersih dan udara yang kering, membuat lingkungan menjadi semakin tidka sehat. Inilah yang menyebabkan beberapa penyakit marak dimusim kemarau.

Menurut Dr.dr. Ari F Syam SpPD-kGEH,MMB,FINASIM,FACP, pakar penyakit dari Universitas Indonesia, Setidaknya ada 5 penyakit yang perlu diwaspadai saat musim kemarau, yaitu :

1. Campak Jerman (Campak 3 Hari)
Dalam cuaca panas, daya tahan tubuh cenderung melemah sehingga rentan terhadap infeksi virus. Salah satu infeksi virus yang tengah mewabah adalah Campak Jerman atau biasa dikenal sebagai campak 3 hari yang ditandai dengan ruam kemerahan dipermukaan kulit.

Campak Jerman (Rubella) ini berbeda dengan campak biasa (measles) yang berlangsung lama dan penyembuhan luka yang juga lama. Campak Jerman hanya berlangsung 3 hari dan tidak terlalu berbahaya kecuali pada ibu hamil karena bisa menyebabkan kecacatan janin.

Infeksi virus Campak Jerman ditandai dengan demam tinggi dan ruam merah dipermukaan kulit, kadang-kadang disertai nyeri tenggorokan saat dipakai untuk menelan. Umumnya Campak Jerman tidak mematikan, namun harus diwaspadai pada ibu hamil karena bisa memicu keguguran.

Untuk mencegah penularan Campak Jerman, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, buah-buahan & sayuran, jika  perlu bisa ditambah suplemen Vitamin C dan B Kompleks, dan juga konsumsi Obat Herbal Campak yang aman untuk semua kalangan termasuk ibu hamil & menyusui.

2. Flu Singapura
Menurunnya daya tahan tubuh juga membuat Flu Singapura atau dalam ilmu kedokteran dikenal dengan Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) marak di masyarakat, khususnya pada anak-anak.

Penyakit ini menyerupai flu yang disertai dengan terbentuknya lesi vesikular (bintil berisi cairan) di sekitar tangan, kaki, dan mulut. Gejala awal dari flu Singapura sama seperti flu pada umumnya seperti demam, sakit tenggorokan, pilek, sakit sepala, nyeri sendi, hilang nafsu makan, peradangan pada saluran nafas atas.

Flu Singapura ini tidaklah berbahaya dan ganas, bahkan penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya bila daya tahan tubuh pasein baik. Obat Herbal Atasi Flu Singapura

Namun, flu Singapura sangat mudah menular. Penularannya sama seperti penularan flu pada umumnya, yaitu melalui kontak langsung saat bicara, batuk, bersin, yang dapat mengeluarkan cairan saluran nafas. Bisa juga melalui cairan lesi vasekular yang mengenai kulit. Yang paling rentan pada anak-anak adalah melalui mainan yang digigit.

3. Sakit mata
Udara yang kering dan tidak sehat, debu dan asap yang beterbangan juga membuat orang lebih mudah mengalami sakit mata di musim kemarau. Menggunakan kacamata bisa menjadi salah satu cara pencegahan sakit mata.

Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab infeksinya, perawatan yang diberikan biasanya meliputi kompres, obat tetes mata, salep atau antibiotik. Hal yang membuat sakit mata lama untuk sembuh karena adanya infeksi kedua yang biasanya disebabkan oleh kuman atau bakteri.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
Udara yang panas akan membuat orang cenderung berkeringat. Selain itu, saat kemarau lingkungan cenderung tidak sehat, debu dan asap yang akan merangsang terjadinya iritasi saluran pernafasan atas dan berlanjut menjadi infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Keterbatasan air bersih membuat asupan air juga menurun. Jika minum dibatasi maka akan merangsang terjadinya iritasi saluran pernafasan atas. Selain itu udara yang panas membuat orang cenderung mengonsumsi air dingin atau es. Kondisi inipun akan merangsang iritasi yang terjadi pada saluran pernafasan atas dan menyebabkan terjadinya infeksi saluran pernafasan.

"Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kita terhindar dari infeksi saluran nafas atas. Upaya pencegahan menghindari terpapar dengan udara langsung, tetap mempertahankan banyak minum dan tentu tidak minum air es sehingga saluran pernafasan atas tidak kering dan tidak teriritasi, serta konsumsi Obat Herbal Penyakit ISPA" jelas Ketua Advokasi PB PAPDI (Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

5. Diare
Air bersih yang terbatas membuat lingkungan menjadi relatif lebih kotor dan masyarakat membatasi penggunaan air bersih. Kondisi lingkungan yang kotor ini akan membuat lalat menjadi lebih banyak, sehingga membuat makanan dan minuman menjadi mudah tercemar. Apabila kondisi ini terjadi maka angka kejadian diare akan meningkat.

"Penelitian-penelitian di masyarakat menunjukkan bahwa terbatasnya air bersih merupakan salah satu faktor utama penyebab meningkatnya kejadian diare. Oleh karena itu, kemungkinan peningkatan kasus diare harus diantisipasi terutama oleh Puskesmas khususnya pada wilayah-wilayah dimana masyarakatnya mengalami krisis air bersih," jelas Dr Ari.

Jika mengalami diare, maka yang harus dicegah adalah kekurangan cairan dan elektrolit. Kekurangan cairan dan elektrolit jika tidak terdeteksi dan tidak tertangani dengan baik akan menyebabkan komplikasi yang lanjut seperti gangguan fungsi ginjal sampai menyebabkan kematian.

"Cairan yang mengandung elektrolit seperti oralit sebaiknya segera harus diberikan dan disesuaikan dengan jumlah atau banyaknya feses cair yang dikeluarkan. Jika kondisi dehidrasi cukup berat atau pasien tidak bisa mengonsumsi minuman akibat mual dan muntahnya, maka pasien perlu perawatan di rumah sakit untuk mendapatkan infus cairan untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi," jelas Dr Ari.


0 komentar:

Poskan Komentar

PEMILIK

Didin Hanudin
D/a. Perum Wijaya Permai II Blok B No 2. Kel Kahuripan Kec. Tawang Kota Tasikmalaya Jawa Barat 46115
- Hp 085321848772
- Pin BB : D33554F8

INFO PENTING !

Untuk Semua Pelanggan Setia Kami , Pin BBM 238F40C9 Sudah tidak Aktif , Silahkan Invite Pin BBM kami yang baru D33554F8 - WA : 085321848772. Terimakasih

FANSPAGE FACEBOOK

FOLLOW US TWITTER

FORMAT PEMESANAN QNC JELLY GAMAT

DEPKES P-IRT No. 109321601291-1229

Untuk melakukan pemesanan produk QnC Jelly Gamat, cukup kirimkan format pemesanan melalui SMS / BBM seperti dibawah ini :

Kode Produk (QnC-JG) : Jumlah Pesan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp

Kirim Ke

Hp. 085321848772 (SMS) / Pin. D33554F8 (BBM)

NO REKENING PEMBAYARAN

Bank BCA KCU Tasikmalaya
No. Rekening : 05 40 752 486
Atas Nama : Didin Hanudin

Bank BRI Unit Siliwangi Tasikmalaya
No. Rekening : 4462-01-013653-53-5
Atas Nama : Didin Hanudin

Bank BNI Cab. Tasikmalaya
No.Rekening : 03 11 7179 57
Atas Nama : Didin Hanudin

Bank Mandiri KCP Tasikmalaya
No. Rekening : 131-00-1114041-7
Atas Nama : Didin Hanudin

** Hati-Hati Penipuan !
No Rekening Bank kami semua atas nama Didin Hanudin , abaikan saja bila ada yang mengirimkan no rekening selain atas nama Didin Hanudin .

SANKSI PASAL

Pembayaran produk setelah barang diterima maksimal 3 hari !!!

HIMBAUAN !!

Di ingatkan bagi calon pelanggan kami yang ber'itikad tidak baik akan terkena sanksi :
PASAL 5 BAB III NO. 8 TAHUN 1999
Tuntutan Hukum Pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.